Layanan Financial Technology (Fintech) sudah mulai
menunjukkan eksistensinya di Kotaku, Timika. Dari sekian layanan fintech yang ada, OVO yang tampak serius menggarap pangsa pasar di
Tanah Amungsa Bumi Kamoro ini. Sudah ada
beberapa outlet/merchant yang menjalin kerjasama dengan layanan platform pembayaran digital di bawah LIPPO Group ini. Sebut saja resto
waralaba A&W yang bertempat di Jalan
Budi Utomo menawarkan cashback 30 %
untuk pembelian produk makanan, ada hotel Horizon Ultima yang bertempat di
Jalan Hasanuddin menawarkan cashback 5%, dan Outlet BATA Store dan Optik Internasional
yang menawarkan cashback 5%-10%. Sebenarnya ada juga fintech Link Aja yang
sudah menjalin bekerjasama dengan Uno Mart tapi layanannya hanya sebatas
pembayaran saja tanpa embel-embel diskon atau cashback. Tapi tak apalah namanya
juga masih dalam tahap raba-raba potensi pasar.
Sisi baiknya bahwa ini adalah
bentuk pengenalan layanan
keuangan digital non bank di kota Timika. Tak hanya itu keberadaan dua layanan
uang elektronik berbasis server ini yang
selangkah demi selangkah bisa mengubah kebiasaan masyarakat dari uang tunai
menjadi digital.
Eksistensi OVO dan Link Aja secara tak langsung juga menopang salah satu program prestisius dari Pemda Mimika yaitu Mimika Smart City dimana
mendorong masyarakat Mimika berperilaku cerdas dalam hal ini meminimalisir penggunaan uang tunai. Semoga
saja makin banyak merchant yang menjalin kerjasama dengan layanan fintech ini
agar bisa menyalib penggunaan uang tunai dan bisa meningkatkan kebiasaan
masyarakat Mimika untuk mulai
beralih ke layanan digital
sebagai solusi keuangan. Harapan dari
kami sebagai generasi Millenial bahwa
kelak jika banyak merchant yang menjalin kerjasaman dengan layanan
Fintech ini maka semakin banyak pilihat outlet yang menawarkan cashback
sehingga tak membuat kantong jebol utamanya saat malam mingguan. Hahaha
Tulisan ini saya publikasikan juga di akun Kompasiana