![]() |
Foto Penulis |
Sungai
telah menjadi salah satu urat nadi bagi kehidupan masyarakat karena menjadi
sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi
nelayan/penangkap ikan secara tradisional. Sungai juga menjadi salah satu jalur
alternatif yang dilalui moda transportasi untuk mengangkut barang dan orang
hingga saat ini.
Sebagai
transportasi pengangkutan barang, masyarakat menggunakan moda transportasi ini
untuk mengangkut potensi alam berupa hasil perkebunan, pertanian, dan hasil
perikanan. Sebagai alat mengangkut manusia, moda transportasi ini melayani
kegiatan mobilitas penduduk antar daerah utamanya yang berada di daerah
pesisir/pedalaman. Sehingga boleh dikatakan bahwa moda transportasi sungai bisa
menjadi generator baru pembangkit wilayah dimana terbentuk lapangan kerja baru untuk
masyarakat sekitar.
Keunggulan
Moda Transportasi Sungai
![]() |
Transportasi Sungai di Papua. Dok:Pribadi
|
Ada
sejumlah keunggulan transportasi sungai ini
seperti dapat mengangkut secara massal barang yang besar dan berat,
tidak menggunakan prasarana yang khusus layaknya transportasi darat dengan
prasarana jalan raya, dermaga ataupun jalan rel pada kereta api, memiliki
investasi biaya awal yang relatif murah, efektif sebagai transportasi jarak
dekat, menengah dan jauh, prasarananya telah disediakan oleh alam (alur sungai
dengan kedalaman yang memadai), dan juga tingkat keselamatannya tinggi.
Tak hanya itu, ada beberapa
keunggulan komparatif moda transportasi sungai seperti tingkat polusi yang
rendah, terhindar dari kemacetan, pengaturan/manajemen operasional dan
pengusahaan serta pengendaliannya relatif lebih mudah dibanding angkutan
jalan, prospek kembali modal (ROI) cukup
baik asal dikelola dengan professional serta,relative hemat energy, efisien
(daya angkut besar dan hemat pemanfaatan ruang) serta usia pemakaian yang
relatif panjang.
Manfaat
Moda Transportasi Sungai

Sebagaimana yang dicetuskan pemerintah bahwa yang menjadi konsentrasi prioritas wilayah untuk pengembangan angkutan ini yaitu daerah yang tingkat keterisolasian, terpencil dan/atau terbelakang karena keterbatasan sumber daya; daerah yang berpotensi tumbuh cepat dengan sasaran segera berperan sebagai pendorong pemerataan atau memacu pertumbuhan wilayah sekitarnya; daerah yang menunjang perkembangan sektor-sektor strategis; dan daerah kritis terutama pada kawasan berfungsi lindung.
Transportasi
sungai perlu digalakkan karena keberadaannya memberikan gambaran tentang
kemampuan daerah dan kemampuan berproduksi masyarakat. Keberadaannya juga
berperan sebagai instrumen bagi pembuka
daerah terisolasi dan memperkecil kesenjangan antar wilayah dan mendorong
terciptanya kesempatan kerja dan berusaha. Dengan demikian, keberadaan
transportasi ini merupakan kunci bagi
perkembangan daerah dan nasional.
Untuk daerah pedalaman yang sebagian besar wilayahnya hanya bisa ditempuh
lewat jalur sungai, jasa transportasi ini merupakan sektor potensial yang
dikembangkan dan dirasa sangat penting dalam menunjang percepatan pertumbuhan
ekonomi wilayah sekaligus memberi pilihan alternatif terhadap jaringan moda
transportasi sehingga prasarana dan sarana bongkar muat barang dan pergerakan
orang sebagai bagian dari simpul dan outlet transportasi sudah selayaknya
ditindaklanjuti aktif dan positif secara maksimal yang pada akhirnya jasa dalam
bidang kepelabuhanan dirasa sangat penting keberadaannya bagi daerah pedalaman.
Peluang Moda Transportasi Sungai

Potensi
sungai di daerah pedalaman sebagai jalur transportasi dapat dikembangkan
sebagai pusat jalur perekonomian daerah pedalaman ke daerah di sekitarnya serta
dapat dikelola dengan dilalui
perahu-perahu pengangkut barang maupun orang dengan tarif murah dan terjangkau.
Potensi
muara sungai di daerah pedalaman dapat menjadi jualan dari moda transportasi
ini sebagai bagian dari pembangunan
ekonomi, sehingga dapat mengundang banyak wisatawan dan pengelolaan
transportasi modern dengan mengembangkan jalur air yang menghubungkan antar
kawasan perekonomian di daerah pedalaman. Dengan demikian potensi ini dapat
menjadi nilai tambah dalam sektor perekonomian dan pariwisata.
Penutup

Moda
transportasi sungai diperlukan sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan
masyarakat, memberikan aksebilitas yang lebih baik sehingga dapat mengakomodasi
peningkatan kebutuhan mobilitas penduduk melalui jaringan transportasi darat
yang terputus disepanjang daerah aliran sungai serta berfungsi melayani
transportasi yang menjangkau daerah terpencil dan daerah pedalaman.
Pembangunan transportasi sungai merupakan
salah satu program strategis dalam rangka menghubungkan daerah-daerah
terpencil/ pedalaman di Indonesia.
Dirasa peran angkutan sungai sangat besar karena dapat menjadi penyambung
moda (multimoda), menunjang sektor perekonomian serta dapat menunjang aktivitas
distribusi barang guna memperlancar moda perekonomian wilayahnya maupun bagi
wilayah lain di sekitarnya.
Ditemukannya
ketergantungan antara transportasi ini
dengan aktivitas terkait pertanian, perdagangan, dan perkembangan
ekonomi wilayah sehingga hal ini yang melatarbelakangi perlunya menggalakkan
moda transportasi ini utamanya di daerah terpencil.
Penulis:
Heriyanto
Rantelino, Staf Angkutan Sungai,Danau dan Penyeberangan Dinas Perhubungan
Mimika, Papua.
Facebook:
Heriyanto Rantelino
Fanpage
: Rapor Heriyanto Rantelino
No
telepon/Whatsapp : 085242441580
Line
: Ryanlino
