Strategi Mendulang Suara di Pilkada Mimika ala Pemuda Timika Papua - Heriyanto Rantelino

Strategi Mendulang Suara di Pilkada Mimika ala Pemuda Timika Papua

Strategi Mendulang Suara di Pilkada Mimika ala Pemuda Timika Papua





Dok:Papua.Us

Bermula dari curhatan seorang anak muda Mimika di media sosial yang mengatakan "Kita yang pucuk (sebutan untuk anak muda Papua) ini bisa apa? Politik itu dunianya para akar saja (sebutan untuk orang yang dipandang tua dengan rentang usia diatas 30an)". Adapun latar belakang dari curhatan pemuda ini karena mereka mendapati fenomena dimana kebanyakan para akar memandang sebelah mata keberadaan para pucuk dimana dianggap belum bisa diajak serius membicarakan hal-hal tentang dunia perpolitikan.

Saya ingin menyadarkan kawan-kawan muda di Mimika bahwa kita jangan patah arang dalam menanggapi kalimat tersebut. Tahu tidak, kitorang yang berusia muda ini  (dibawah 30 tahun) punya sumbangsih suara cukup besar di Pilkada Mimika yaitu sekitar 18%. Saya berani berspekulasi demikian karena saya mengacu pada data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika yang termaktub dalam data Mimika Dalam Angka 2016.

Dari analisis BPS,  jumlah masyarakat muda yang berada di interval umur 17-29 tahun ada sekitar 40.094 jiwa.  Di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir, ada 222.721 warga yang terdaftar untuk mengikuti Pilkada tahun mendatang. Dengan mengantongi porsi suara 18 %, pemuda Mimika bahkan bisa mengusung satu pasang calon dari jalur perseorangan dimana batas minimal dukungan bagi paslon independen adalah 10 %  dari jumlah pemilih dari Daftar Pemilih Tetap yang digunakan KPU Mimika.

Menyasar Pundi Suara Berdasar Segmentasi Wilayah dan Generasi
 
 Dok:Republika.Co.id




Kitorang yang pucuk-pucuk ini merasa punya tanggung jawab  untuk memberikan perhatian pada daerah kita, Tanah Amungsa Bumi Kamoro ini. Berangkat dari hal ini, maka muncullah pemikiran sederhana terkait  bagaimana strategi  dalam meraup suara dalam Pilkada Mimika 2018 ala pucuk muda Mimika. Tentunya bisa menjadi masukan buat Pace Mace yang akan mencalonkan diri atau bagi pihak yang ingin menjadi tim sukses di Pilkada nantinya. 

Dari segmentasi wilayah, jumlah penduduk Kabupaten Mimika berjumlah 201.677 penduduk yang terbagi di 18 Kecamatan/Distrik. Dari 18 daerah tersebut, Distrik Mimika Baru adalah wilayah administratif yang paling seksi di mata saya. Bagaimana tidak, jumlah penduduk saja ada 100.957  atau sekitar 45,32 (Versi DPT) 50,05% ( Versi BPS) dan dari total populasi penduduk Mimika. Pemilih dari daerah ini memiliki ciri yang unik. Mereka  adalah tipe pemilih  swing voters  yang masih menunggu dan melihat (wait and see) dari track record dan program kandidat sehingga bisa menjadi dasar untuk memantapkan pilihan siapa sosok yang bisa mewakili suaranya. 

Dari segmentasi lintas generasi, diketahui bersama bahwa ada tiga generasi saat ini yaitu generasi X, Y, dan Z. Generasi X  (umur 41-52 tahun) adalah tipe pemilih yang orientasi pemilihannya penuh pertimbangan. Yah, maklum saja, mereka sudah merasakan banyak asam garam menjalani beberapa ajang pemilihan kepala daerah. Mereka memutuskan pilihannya berdasarkan pengalaman, latar belakang pendidikan, dan sepak terjang yang pernah dilakukan oleh sang kandidat.

Generasi  Y (umur 22-40 tahun) logika berpikirnya berpijak pada  rancangan program yang akan dilakukan kedepan (janji) dan juga faktor kedekatan baik secara emosional, pemikiran, dan juga dari  faktor kekerabatan.

Berbeda jauh dari kedua generasi diatas,  generasi Z (umur 17- 21 tahun) punya pijakan pemikiran yang lain. Mereka adalah tipe pemilih yang cenderung tak neko-neko dalam menentukan pilihannya. Mereka memilih kandidat karena faktor  ide kekinian membangun Mimika, punya terobosan-terobosan yang inovatif, sikap humanisme, rendah hati, dan yang terpenting punya inisiatif merobohkan tembok-tembok birokrasi yang selama ini dipandang ruwet dan kaku.

Sangat diharapkan kandidat yang mencalonkan diri nanti mampu mewadahi  ketiga generasi ini. Mampu mengayomi pemikiran konservatif dari generasi X, mengayomi pikiran rasional generasi Y, mewadahi pandangan kekinian dari generasi Z.

Menarik Simpati Kerukunan Masyarakat Pendatang di Mimika

 Dok:sinauenglish.net



Bukan berarti membawa isu SARA sih, tapi strategi mendekati para suku-suku yang tergabung di Kerukunan Masyarakat dirasa sangat perlu. Diketahui bersama bahwa kehidupan penduduk Mimika tergolong majemuk. Tak hanya masyarakat penduduk asli, tapi ada juga perantau yang berasal dari berbagai suku. Ada beranekaragam penduduk pendatang yang mendiami daerah ini meliputi:

1. Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu

2.Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan

3. Kerukunan Keluarga Ambon

4.Kerukunan Keluarga Kei

5. Ikatan Keluarga Flores

6. Ikatan Keluarga Batak Papua, dan masih banyak lagi


Melibatkan mereka menandakan bahwa sang kandidat mampu mengayomi keanekaragaman penduduk di Tanah Amungsa Bumi Kamoro.  Jumlah mereka cukup banyak, lumayan pundi-pundi suara dari mereka untuk memenangkan kontestasi Pilkada Mimika 2018.

Strategi Meraih Pundi-Pundi Suara dari Generasi X,Y, dan Z
 

Dok:Trendhunter.com



Tak cukup hanya bermodal program kerja yang revolusioner sehingga bisa meraih suara dari rakyat.  Sebagai kandidat cerdas akan bertarung di Pilkada Mimika nantinya, dibutuhkan kiat yang cerdas pula dalam meraup pundi-pundi suara dari masyarakat  dari generasi X,Y, dan Z.

Generasi X masih kebanyakan berkutat pada pemikiran yang tergolong konservatif dimana filsafat politiknya masih mendukung nilai-nilai tradisional. Salah satu rekan saya yang kebetulan pernah menjadi tim sukses kandidat di Pulau Jawa, menggunakan trik temu kangen atau istilah keren sekarang yaitu gathering.

Ajang kopi darat yang dikemas dengan acara yang santai ini  konsepnya yaitu mengundang perwakilan masyarakat yang dinilai punya pengaruh besar dalam suatu kampung/distrik, perwakilan suku asli dan suku pendatang. Entah itu orang yang dipandang paling bijak, tua-tua kampung atau sosok yang selama ini  vokal membela daerahnya.

Pendekatan politik lunak (politic soft power) berkonsep panggung diskusi santai dinilai metode cerdas dalam meraih simpati mereka. Disadari bahwa generasi X merasa bersimpati pada orang-orang yang mampu meluangkan waktu untuk mendengarkan pendapat, nasehat atau petuah dari mereka. Satu segmen dikhususkan kepada perwakilan suku asli papua, satu segmen mewadahi perwakilan suku pendatang yang tergabung di kerukunan dan satu segmen untuk mewadahi perwakilan kampung/distrik.

Mereka akan buang suara terkait keinginan dan permasalahan yang melanda wilayahnya. Disinilah seorang kandidat akan diuji, apakah dia bisa mengeluarkan solusi dan komitmen penyelesaian terkait keinginan atau prahara yang melanda mereka. Dengan begitu maka diharapkan mampu meyakinkan para generasi X bahwa  mereka sudah mantap dan matang untuk duduk sebagai 01 dan 02 di bangku pemerintahan.

Terkait dengan generasi Y, Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menarik perhatiannya. Salah satunya yaitu strategi BALON (BArbershop dan SalON). Mengingat di Mimika banyak masyarakat yang menggunakan jasa salon dan barbershop maka muncullah strategi ini. Dengan memanfaatkan momen dimana orang yang sedang menunggu antrian atau sedang dicukur biasanya melakukan sesuatu untuk membunuh rasa jenuhnya. Mata mereka akan menjelajahi pemandangan yang ada di dalam ruangan tersebut. Selama ini koran dinilai benda yang menjadi sasaran melepaskan rasa jenuh.

Oleh karena itu menitipkan brosur/newsletter/katalog yang menjelaskan siapa sosok kandidat, sepak terjangnya selama ini dan  program yang hendak dilaksanakan jika terpilih kelak. Tentunya dikemas dengan desain grafis yang menarik. Tak lupa juga memasang stiker kandidat  disertai tagline yang menarik dan mudah diingat di area barbershop dan salon tersebut. Hal ini tentunya akan membantu tim sukses dalam membentuk mindset dalam ingatan masyarakat.

Dok:Fajar.co.id



Salah satu cara menarik perhatian kaum generasi Z adalah melalui penelusuran minat dan bakat. Saya mencatat ada empat kegemaran anak muda Mimika yang populer yaitu sepak bola/futsal, motor trail (drag bike), dance (etnik dan kontemporer), dan musik genre Rap/Hip Hop.  Para kandidat bisa menarik perhatian mereka dengan menjadi sponsor untuk mengadakan acara ini. Strategi demikian bisa menjadi amunisi jitu dalam memperkenalkan diri sekaligus pembuktian  keberpihakan kepada kaum generasi Z.

Orang Generasi X merasa pengalaman adalah sesuatu yang berharga dan akan terus dimanfaatkan di masa depan. Konkritnya bahwa pengalaman yang dianggap benar tersebut adalah pengalaman masa lalu. Beda halnya lagi dengan anak muda dimana mereka  selalu berpikir masa depan dan muak terhadap kebiasaan masa kini. Singkatnya, jika ingin menyentuh anak muda, maka sentuhlan pemikirannya.

Yang menjadi catatan bahwa generasi Y dan Z punya kemiripan dalam hal harapan terhadap kandidat yang punya pola pikir yang tidak kaku. Mampu menciptakan iklim birokrasi yang  mampu mereformasi birokrasi dan perbaikan mental para pejabat publik.

ISU SEKSI YANG MENARIK UNTUK DIHEMBUSKAN

 
Dok:TabloidJubi.Com

Tak hanya berkutat di konsep strategi yang hendak dilakukan, tapi dirasa perlu menggelontorkan program yang erat kaitannya dengan isu yang tengah seksi di masyarakat Mimika. Isu pendidikan dan kesehatan gratis adalah program yang sudah lumrah kita dengar di setiap ajang kontestasi Pilkada.

Jika hanya bermodal program andalan ini, maka dipandang  bukan lagi barang jualan yang jitu. Lagian dari pemerintah pusat sudah mencanangkan hal tesebut. Oleh  karena itu penting merancang strategi baru yang lebih populis dan mampu merangkul berbagai segmentasi masyarakat. Adapun isu seksi yang hangat untuk diangkat sebagai berikut :

1.Mengayomi Ketujuh suku asli.

Merancang program yang mengayomi masyarakat yang berasal dari tujuh suku asli di Mimika yang berlandaskan kearifan lokal mereka masing-masing.

2.Nasib Cerah Bagi Pegawai Honorer Yang Masa Pengabdiannya Sudah Lama

Luntang lantung nasib pegawai honorer untuk menjadi pegawai negeri sipil menjadi salah satu celah untuk merancang program sebagai bentuk perhatian kepada mereka.

3.Menjembatani Karyawan, PTFI dan Pemerintah
Menyusun program yang benar-benar menjembatani antara pihak korporat Freeport, karyawan, serikat pekerja, dan pihak pemerintah, agar kelak ada masalah kedepan bisa mengakomodir dan mengayomi mereka yang bersengketa.Ibarat dalam dunia sekolah, tim inilah yang kelak menjadi guru bimbingan Konseling (BK) yang kelak memberikan rekomendasi bijak terhadap permasalahan yang terjadi. Karyawan Freeport itu jumlahnya  ribuan dan itu adalah peluang suara yang tak boleh diabaikan.

 4.Mendukung Kewirausahaan Pemuda

Disadari bahwa anak-anak muda suka tantangan. Salah satu tantangan bagi mereka yang dipandang menarik adalah menempa mereka di bidang kewirausahaan. Sektor kewirausahaan itu identik dengan kemandirian dan kemandirian identik dengan perjuangan seseorang untuk mewujudkan impiannya. Rancangan programnya juga tidak melulu mengenai dana hibah  yang hendak digelontorkan kepada mereka tapi disertai juga dengan monitoring  dan pendampingan dari  orang-orang yang tergolong berpengalaman di bidangnya dan yang tak kalah penting adalah  memudahkan mereka dalam pengurusahan surat izin usaha.

5.Merancang Sarana Dan Ruang Ekspresi  Bagi Anak Muda Mimika

Saya akui bahwa pucuk-pucuk Mimika punya energi dan semangat yang luar biasa. Dan alangkah bijaknya jika kelak pemerintah nantinya merancang suatu program dimana energi  mereka yang meluap-luap ini tersalurkan pada hal-hal yang positif.  Ada hobi dance,  hobi nyanyi yang kebanyakan bergenre raggae, rap dan hiphop, hobi racing, sepak bola, dan fotografi.

Selama ini ruang ekspresi bagi mereka masih kurang. Ada yang terpaksa menggunakan  area di sekitar bandara  lama dan bandara baru untuk menyalurkan energinya  padahal tempat tersebut tidak layak dan tidak aman bagi mereka. Adanya ruang co-working space dan ruang audio visual dipandang adalah program yang kekinian dalam membentuk generasi muda Mimika yang Going Global. Oleh karena itu menawarkan ruang bagi mereka adalah solusi alternatif untuk membuktikan bahwa kandidat yang mencalonkan diri  punya  perhatian  kepada mereka.

6. Jaminan Keamanan Terhadap Investor

Investasi punya pengaruh penting terhadap perekonomian suatu daerah. Tak hanya membantu perputaran uang tapi juga membuka lapangan pekerjaan. Banyak orang yang ingin menancapkan lini bisnisnya di Mimika, namun kekhawatiran terbesar mereka adalah sektor keamanan. Oleh karena itu, kandidat yang ikut dalam kontestasi Pilkada ini memberikan angin segar dan jaminan kepada para investor terkait keamanan sehingga mereka berani menanamkan sahamnya sehingga  kerjasamanya jangka panjang.

7.Menggiatkan Implementasi Smart City

Mengingat tingginya dorongan revolusi digital untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah, maka Smart City menjadi salah satu konsep pembangunan yang akhir-akhir ini menggema. Membangun Smart Regency/Smart Province/Smart City adalah pembangunan kota  yang mencakup seluruh aspek pemerintahan dan kehidupan warga yang didalamnya memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Enam elemennya yaitu tata kelola pemerintahan yang pintar (Smart Governance), mewujudkan visi pembangunan jangka panjang dalam pembangunan daerah melalui branding  daerah pintar (Smart Branding), mewujudkan  pondisi dan  sistem perekonomian yang kokoh sesuai dengan karakter ekonomi lokal yang berdaya saing (Smart Economy), menciptakan lingkungan hidup  yang layak huni, sehat dan nyaman (Smart Living), membangun lingkungan sosial masyarakat yang dinamis, kekinian, cerdas dan aman (Smart Society)  serta memiliki lingkungan yang bersih, sehat, dan peduli lingkungan (Smart Environment). Pondasi programnya sudah dibuat oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Mimika. Tinggal bagaimana kandidat yang terpilih nantinya bisa menggalakkan kegiatan ini.

PENUTUP

 
Dok:HarianPapuaNews.Com


Masyarakat Mimika tergolong masyarakat cerdas. Mereka tentunya akan menganalisis banyak hal sebelum memilih kandidat mulai dari track recordnya, program yang dicanangkan, kepribadiannya dan wujud nyata sepak terjangnya selama ini. Mereka sudah kritis untuk tak tertipu bujuk rayu dan dininabobokkan dengan gombalan program dari kandidat yang diragukan kompetensinya. Mereka berusaha menghindari memilih pemimpin yang orientasi  pikirannya ambisi bisnis semata dan lebih memilih yang orientasi membangun Papua yang dirasa perlu disentuh oleh  tangan-tangan orang ikhlas, berintegritas, dan mampu membawa maju daerah ini keluar dari ketertinggalan.

 Modal bagi kandidat adalah kekuatan mendengarkan masukan dari  para masyarakat  yang kelak bisa dijadikan dasar dalam merancang ide program yang tepat bagi mereka.  Diharapkan bisa memaksimalkan Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang ada sebagai barometer progresif dalam peningkatan PAD dan Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) Kabupaten Mimika .

Secara pribadi saya mendambakan pemimpin yang mampu menyusun rencana pembangunan jangka panjang sebagai acuan kegiatan dan program pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah selama lima tahun periode kepemimpinannya. Mampu menawarkan masterplan, masukan dan rekomendasi mengenai langkah-langkah strategis dalam rangka implementasi program. Memiliki keahlian dalam merangkul berbagai pihak  yang sudah ahli dan berpengalaman baik itu dari kalangan akademi, birokrat atau profesional yang memahami konsep, membaca pikiran, dalam mengeksekusi program yang dicanangkan sang kandidat.

Tim perumus inilah yang akan menjadi tim inti terkait segala aspek kebijakan. Dan juga nantinya bisa memberikan gambaran Blueprint kepada masyarakat dalam hal ini perencanaan yang bersifat mendetail tentang panduan teknis pelaksanaan proyek untuk setiap satu jenis implementasi proyek pembangunan sehingga mampu mewujudkan visi misi pembangunan Mimika yang terintegrasi. Dan memiliki pemahaman akan pemanfaatan teknologi dalam pemerintahanannya kelak. Selamat mengikuti kontestasi Pilkada Mimika ya Pace-Mace. Kalau terpilih nanti, jangan lupa realisasi janji-janjinya ya! Salam sayang dari Pemuda Mimika pendukung Pilkada Damai di Papua.



Penulis:

 Heriyanto Rantelino, Anak Muda Timika, Papua.
Facebook: Heriyanto Rantelino
No telepon/Whatsapp : 085242441580
Line : Ryanlino
Please write your comments